alt/text gambar

Tips Agar Tetap Bugar Saat Berpuasa

pulsa murah
Tips Agar Tetap Bugar Saat Berpuasa
TENLIBRARYTips Agar Tetap Bugar Saat Berpuasa - Sebentar lagi bulan Ramadhan akan tiba. Pada bulan Ramadhan, wajib hukumnya untuk para setiap muslim untuk menjalankan ibadah puasa. Dimana puasa dapat diartikan sebagai menahan rasa lapar dan haus dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Selain itu, pada saat puasa seseorang juga diwajibkan untuk menahan hawa nafsu.

Walaupun sedang dalam keadaan berpuasa, seseorang tetap dituntut untuk melaksanakan kegiatan sehari-hari sebagaimana biasanya. Memang terdengar sangat tidak konstan, tetapi kita tetap harus mengerjakannya dengan penuh semangat.

Saat berpuasa, memang seseorang lebih terlihat lesu dan tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Dengan demikian, seseorang tersebut menjadi tidak fokus dalam menjalani setiap kegiatannya. Namun, jangan biarkan rasa lesu itu terus membayangi diri kamu.

Nah, saya punya beberapa tips untuk menjaga kebugaran diri kamu saat berpuasa nanti. Berikut tips-tipsnya.

  • Awali Puasa Dengan Niat Yang Sungguh-Sungguh
Niat bisa menjadi salah satu pedoman untuk diri kita saat berpuasa. Dengan kita berniat dengan sungguh-sungguh, otomatis kita akan lebih siap untuk menjalani puasa. Niat juga dapat berperan sebagai motivator dalam diri kita. Niat dapat memotivatori otak kita supaya dapat menahan rasa lapar sampai waktu yang ditentukan.

  • Pilih Menu Makanan Sahur Yang Tepat
Menu makanan sahur yang kita makan saat sebelum berpuasa juga sangat berpengaruh terhadap kekuatan tubuh kita. Pada umumnya, menu makanan sahur yang disantap setiap orang terdiri dari karbohidrat, protein dan lemak. Usahakan perbanyak makan-makanan yang berprotein tinggi pada saat sahur. Dikarenakan makanan yang mengandung zat protein didalamnya, akan lebih lama diolah oleh tubuh dibanding zat lain.

  • Hindari Porsi Makan Sahur Yang Berlebih
Pada waktu sahur usahakan makan secukupnya atau selazimnya. Dikarenakan justru ketika kita makan-makanan berlebih pada saat sahur, itu hanya akan membuat kita lesu dan kurang gairah pada saat menjalani aktivitas pada pagi dan siang harinya.

  • Usahakan Berbuka Puasa Tepat Waktu
Pada saat waktu berbuka puasa, usahakan langsung berbuka tanpa menundanya. Usahakan berbuka dengan makanan atau minuman yang manis terlebih dahulu. Pada saat kamu berpuasa, tentu tubuh kamu banyak sekali kehilangan zat-zat yang diperlukan tubuh. Untuk itu segeralah berbuka jika sudah waktunya untuk mengganti zat-zat yang hilang pada saat kamu berpuasa.

  • Melakukan Olahraga Ringan
Lakukanlah olahraga-olahraga ringan pada pagi hari. Berpuasa bukan berarti tidak berolahraga. Kamu juga harus tetap menjaga kebugaran tubuh dengan cara berolahaga. Selain itu olahraga juga tidak akan membuat kita cepat ngantuk dan lesu.

  • Melakukan Aktivitas Seperti Biasanya
Walaupun dalam keadaan sedang berpuasa, kamu juga harus melakukan aktivitas seperti biasanya. Jangan biarkan tubuh kita bermalas-malasan. Karena itu semua justru akan merangsang rasa malas dan lesu serta mengurangi rasa semangat dalam tubuh kita.

Itulah tips-tips agar tetap bugar selama berpuasa. Puasa memang suatu keharusan, tetapi bukan berarti kita mengabaikan aktivitas normal. Bagaimanapun juga kondisinya, menjalani ibadah puasa harus dengan penuh kesungguhan dan semangat. Karena puasa bukan hanya ibadah, tetapi puasa juga merupakan suatu kegiatan yang dapat menyehatkan tubuh kita.

0 komentar:

PERATURAN BERKOMENTAR
1. Gunakanlah bahasa yang sopan saat berkomentar.
2. Dilarang Memasang link hidup pada saat berkomentar.
3. Dilarang SPAM !!!
4. Untuk menyisipkan catatan, gunakan [catatan].. CATATAN KAMU ...[/catatan]
5. Untuk menyisipkan gambar, gunakan [img]URL GAMBAR KAMU[/img]